Wisata di Hongkong tanpa belanja? Rasanya tidak mungkin kita melewatkan kegiatan yang satu ini di Hongkong. Kegiatan belanja di Hongkong merupakan salah satu daya tarik kota ini. Hampir di setiap sudut kota terdapat toko ataupun pertokoan yang begitu meriah dengan aneka barang.

Belanja di Hongkong memerlukan sedikit keahlian, baik dalam menaksir harga maupun dalam melakukan penawaran. Memang banyak penjaga toko yang tidak bisa berbahasa Inggris. Namun, yakinlah dengan menggunakan kalkulator, transaksi bisa dilakukan dengan lancar.

Berikut ini beberapa tips untuk belanja di Hongkong. Pastikan bahwa uang yang Anda keluarkan sesuai dengan apa yang Anda beli.

Bandingkan Harga. Sebelumnya, pastikan harga dari benda yang ingin dibeli di negara asal kita. Saat Anda tiba di Hong Kong, cari barang tersebut di toko atau agen yang ternama, karena kita tidak dapat menawar jika tidak mengetahui berapa yang seharusnya kita bayar. Jangan lupa untuk menentukan daftar barang dan daftar toko yang akan dikunjungi.

Selalu Tawar. Harga-harga barang di toko-toko tradisional, bukan mal, tidak ada standar. Sehingga, jangan ragu untuk selalu meminta potongan harga dari yang tercantum di label harga. Sebelum mulai tawar menawar, ada baiknya mengetahui peraturan dan etika yang berlaku. Ketahui Produknya. Anda perlu tahu dengan persis barang yang ingin Anda beli. Fitur, aksesoris, model yang Anda inginkan. Disarankan lagi untuk survei di negara asal dan toko terkemuka di Hongkong agar Anda mendapatkan saran mengenai produk yang dibutuhkan. Pilih Toko dengan Cermat. Hongkong Tourism Board memiliki skema pengendalian kualitas yang bertujuan untuk mengawasi kewajaran harga, kejujuran, dan atribut lain dari toko-toko yang biasanya tidak dapat ditawar tetapi dapat dipercaya. Terkecuali bagi Anda yang mengetahui barang beserta harganya, disarankan untuk menghindari toko yang tidak mencantumkan harga dari suatu barang dengan jelas.

Berkeliling Kota. Jika Anda ingin menawar harga barang, berkelilinglah. Para penjual Hongkong terkenal sangat agresif ketika tawar menawar. Namun, bagaimanapun juga keputusan tetaplah di tangan Anda. Jika Anda tidak menyukai penjualnya atau merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal, pindahlah ke toko lainnya.

Cari Diskon. Layaknya kota yang terobsesi dengan kegiatan belanja, Hongkong memiliki sejumlah musim diskon dan obral. Anda pun akan menemukan banyak harga murah untuk beragam barang. Musim obral terbesar adalah di antara Natal dengan Tahun Baru Imlek serta pada akhir musim panas.

Teliti Barang Belanjaan. Toko-toko di Hongkong terkenal akan strategi menukar barang mereka. Hal ini dilakukan dengan memperlihatkan produk yang berbeda dengan produk yang ada di dalam kotak belanjaan Anda. Tipuan ini tidak dilakukan oleh semua toko. Namun Anda perlu waspada dengan memastikan barang yang Anda pikir telah dibeli adalah yang Anda bawa meninggalkan toko.

Kecocokan. Pastikan barang yang Anda beli cocok atau sesuai dengan keadaan negara kita, seperti voltase maupun frekuensi atau system dari barang elektronik yang kita beli.

Garansi. Pastikan produk-produk yang Anda beli memiliki garansi internasional. Biasanya barang-barang dibawa ke Hongkong oleh importir yang tidak resmi, dan sebagian besar berupa barang-barang elektronik. Meskipun murah, garansi produk tersebut biasanya sudah tidak berlaku. Waspadai Barang Bajakan. Terdapat banyak sekali barang bajakan dan ilegal yang dijual di Hongkong. Jika Anda tertangkap di bagian imigrasi dengan barang-barang ini, barang Anda akan disita dan Anda dapat dihukum. Anda juga perlu mengetahui bahwa sebagian besar operasi ilegal tersebut dijalankan oleh kelompok tertentu.

Klik Tempat Wisata Belanja yang lainnya!

Sumber: budisulis.wordpress.com