Avenue of  Stars dibuat menyerupai Hollywood Walk of Frame yang merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada para tersohor dunia industri perfilman di Hongkong.

Konteks Sejarah

Sekitar tahun 1982, sebuah kelompok yang menamakan diri dengan New World Group membangun tempat pejalan kaki di sepanjang tepi laut sekitar New World Centre di Tsim Sha Tsui, Kowloon Hongkong. Pada tahun 2003 mereka kemudian mengumumkan akan membelanjakan dana skeitar HK$ 40 juta untuk membangun apa yang disebut dengan Avenue of Stars, bisa dikatakan sebagai sebuah megaproyek yang didukung oleh Lembaga Kepariwisataan Hongkong (Hongkong Tourism Board) dan beberapa lembaga pemerintahan Hongkong lainnya.

 

Avenue of Stars kemudian diresmikan pada 27 April 2004  dan baru dibuka untuk umum satu hari setelahnya. Upacara pembukaannya sendiri dihadiri oleh beberapa tokoh pemerintahan dan kalangan industri film seperti Henry Tang, Patrick Ho, Selina Chow, Manfred Wong, dan  Cheng Yu Thung (pemimpin New World Group). Ketika pembukaannya, area tersebut dilengkapi dengan sekitar 73 cap tangan dari para kesohor yang sebelumnya telah diseleksi oleh Hongkong Film Awards Association. Memasuki arena tersebut dari arah Salisbury Garden, akan bertemu langsung dengan sebuah patung replika setinggi 4.5 meter, yang merupakan tiruan dari penghargaan yang diberikan kepada para pengunjung Hongkong Film Awards.

Sepanjang 440 meter jalan tersebut juga diceritakan perjalanan sejarah perfilman Hongkong selama seratus tahun terakhir, yang digambarkan dalam sembilan pilar yang berwarna merah dan tulisan di sekelilingnya. Dalam setiap satu gambar ada plakat yang diberikan kepada pesohornya. Beberapa diantaranya disertai dengan tanda tangan dan cetakan tangan dari pesohor dalam semen, namun pada umumnya hanya berisikan plakat dan nama dari pesohornya saja.

Lokasi

Avneu of Stars sendiri terletak di sepanjang jalan Victoria Harbour di Tsim Sha Tsui, Hongkong.

Selamat Berkunjung!